Catat, Pemprov DKI bakal Mendata Pendatang Baru hingga Pertengahan Mei 2024

- 17 April 2024, 14:10 WIB
Pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (14/4/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (14/4/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza) /

Mitra Jakarta - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta mulai mendata pendatang baru yang masuk ke Jakarta usai Idul Fitri 1445 Hijriah hingga pertengahan Mei 2024.

"Dinas Dukcapil itu kan dasar pelayanannya, pendataannya berdasarkan laporan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Pendataan dilakukan selama satu bulan. "Nah, kita akan melakukan pendataan ini satu bulan untuk proses mereka yang datang ke sini, apakah membawa keluarganya dan langsung melakukan proses pindah atau datang," katanya.

Pendataan terhadap warga pendatang baru ke Jakarta selama sebulan ke depan ini dapat dipantau masyarakat secara luas melalui lama resmi kependudukancapil.jakarta.go.id.

Baca Juga: Jumlah Pendatang Baru di Jakarta Diperkirakan Turun usai Lebaran 2024

Menurut Budi, biasanya sebulan setelah Lebaran banyak perpindahan masyarakat yang datang ke Jakarta karena membawa sanak saudara atau keluarganya.

Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak menggelar operasi yustisi untuk menertibkan pendatang baru ke Jakarta usai Lebaran.

Hal itu mengingat siapapun boleh datang ke Jakarta selagi memenuhi syarat yang ada, seperti jaminan tempat tinggal di Jakarta, jaminan pekerjaan dan memiliki keterampilan atau kemampuan.

"Namun, kami mengimbau agar mereka datang ke Jakarta, pastikan ada jaminan tempat tinggalnya, karena itu persyaratan di dalam proses pindah data," timpalnya.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x