Adanya IKN, Penajam Bantu UMKM Bersaing Tangkap Peluang Usaha

- 13 Mei 2024, 16:15 WIB
Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan
Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan /

Mitra Jakarta - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membatu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah berjuluk Benuo Taka itu agar dapat bersaing menangkap peluang usaha dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dengan adanya IKN buka peluang pasar bagi UMKM cukup luas," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara Margono Hadi Susanto di Penajam, Senin.

Peluang UMKM dikategorikan cukup luas untuk berdagang dikarenakan penduduk IKN bakal semakin bertambah, lanjut dia, dan penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah terdekat IKN juga akan semakin bertambah.

"Bertambahnya orang luar daerah pindah ke IKN dan Kabupaten Penajam Paser Utara, peluang usaha sangat besar bagi UMKM," tambahnya.

Baca Juga: Alasan Pelaku UMKM Dompet Tenun Badui Kewalahan Layani Pelanggan

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, katanya, membantu pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan dan pembinaan agar dapat meningkatkan kualitas produk untuk dapat diterima pasar.

Kemudian memberikan bantuan alat produksi yang dapat digunakan pelaku UMKM seperti mesin keripik dan mesin produksi sejenis lainnya.

Dana untuk pelatihan dan pembinaan, serta bantuan mesin produksi itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga memberikan bantuan percepatan penerbitan nomor induk berusaha (NIB) untuk peningkatan kelas pelaku UMKM.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah