Desain dan Warna Baru Paspor Indonesia Akan Diluncurkan pada 17 Agustus 2025

- 29 Juni 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi paspor Indonesia.
Ilustrasi paspor Indonesia. /DOK IMIGRASI

Mitra Jakarta - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, menyampaikan bahwa desain dan warna baru Paspor Indonesia yang sedang diperbarui, akan siap diterbitkan pada 17 Agustus 2025.

"Ini dipersiapkan untuk 17 Agustus 2025," ujar Silmy dikutip dari Antara, Sabtu (29/6).

Silmy tidak menjelaskan lebih rinci tentang warna dan desain yang dipilih. Dia mengatakan bahwa perubahan tersebut akan diumumkan pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia.

"Ini dipersiapkan desainnya dan rencananya akan kita sampaikan ketika 17 Agustus 2024," katanya.

Baca Juga: Dirjen Imigrasi : Layanan Visa dan Paspor Pulih Sepenuhnya Setelah Serangan Siber

Menurut Silmy, pengumuman mengenai perubahan desain dan warna Paspor Indonesia bertujuan untuk memberikan semangat perbaikan ke arah yang lebih baik. Selain itu, dia menyatakan bahwa internal Imigrasi juga bersemangat memberikan karya terbaik dan paling aman, karena perubahan ini akan meningkatkan keamanan.

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan aturan internasional, keamanan paspor harus diperkuat setiap tiga tahun. Oleh karena itu, salah satu aspek peningkatan keamanan adalah warna paspor, yang memerlukan proses pengecekan lebih lanjut.

"Misalnya dikasih sinar UV atau dikasih tambahan hologram. Fotonya mungkin dicetak bagaimana, nanti ada detailnya," pungkas Silmy.

Saat ini, Paspor RI memiliki sampul berwarna biru muda atau tosca untuk paspor umum, biru untuk paspor kedinasan, dan hitam untuk paspor diplomatik.

Pada sampulnya, terdapat lambang burung Garuda berwarna emas. Sejak Januari 2020, pemegang paspor Indonesia bisa menikmati akses bebas visa dan visa saat kedatangan ke 85 negara dan teritori.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah