Server PDN Down Jadi Penyebab Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta

- 20 Juni 2024, 21:05 WIB
Sejumlah penumpang penerbangan mengantri di sejumlah check in counter di Terminal 3 Bandara Soetta /X @jesswjk
Sejumlah penumpang penerbangan mengantri di sejumlah check in counter di Terminal 3 Bandara Soetta /X @jesswjk /

Mitra Jakarta - Server Pusat Data Nasional (PDN)  Kementerian Komunikasi dan Informasi di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, mengalami gangguan pada Kamis (20/6). Alhasil, terjadi penumpukan dan antrean penumpang mengular panjang di beberapa check-in counter pada pemeriksaan imigrasi.

Senior Manager Komunikasi dan Hukum Bandara Soetta, Holik Muardi, membenarkan insiden tersebut.

"Ya, antrean memang ada karena kan di cek manual," katanya, di Bandara Soetta, Kamis (20/6).

Menurutnya, antrean tersebut terjadi karena adanya gangguan pada server yang dikelola oleh Kemenkominfo RI.

Akibat kejadian itu, pihak pengelola Bandara Soetta berkoordinasi dengan pihak Imigrasi dan otoritas setempat untuk mengurai antrean.

"Itu karena khusus, kita (pengelola) tidak bisa serta-merta. Jadi, kita bantu secara fasilitas," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga kini masih melakukan penanganan terkait kendala yang dialami pada sistem data pengimputan penumpang tersebut dengan menambah petugas pelayanan.

"Tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah Imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," ujarnya.

Sementara itu, Imigrasi Bandara Soetta pun membenarkan dalam kejadian tersebut. Dimana, gangguan server pusat data nasional (PDN) Kominfo yang hampir terjadi di semua kantor Imigrasi dan instansi atau lembaga lain yang juga menyimpan data di Pusat Data Nasional.

Diketahui, kondisi penumpukan penumpang terjadi di area keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soetta yang viral melalui salah media sosial (medsos) X.

Dimana, para penumpang mengantre panjang untuk melakukan pemeriksaan keimigrasian di sejumlah check in counter yang ada.

Melalui akun @jesswjk menuliskan bahwa terjadi penumpukan penumpang dikarenakan terkendala sistem pemeriksaan di autogate terminal penerbangan tersebut

"Keren nih Soekarno Hatta, antre Imigrasi tumpah-tumpah gak ada yang ngatur. Autogate mati semua," tulisnya.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah