Upacara HUT Ke-79 RI di IKN dan Jakarta, Ini Penjelasan Presiden

- 11 Juni 2024, 15:15 WIB
Jokowi ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan diadakan di dua tempat, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan di Jakarta
Jokowi ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan diadakan di dua tempat, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan di Jakarta /Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Ta/

Mitra Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan mengapa upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan diadakan di dua tempat, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Kepresidenan di Jakarta.

Presiden menyebut bahwa saat ini Ibu Kota masih berada dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi, di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," ungkap Jokowi dikutip dari Antara, Selasa (11/6).

Jokowi menyampaikan bahwa setelah terbit Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN, upacara 17 Agustus 2025 akan dilaksanakan di IKN.

"Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," ujar Presiden.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6) usai menghadiri rapat terbatas terkait Upacara HUT Ke-79 RI.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan, Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah