PSSI Bentuk Kembali Satgas Anti Mafia Bola, Najwa Shihab Hingga Akmar Marhali Didapuk jadi Anggota

- 20 September 2023, 20:30 WIB
PSSI bentuk satgas anti mafia bola beranggotakan Najwa Shihab hingga Akmal Marhali.
PSSI bentuk satgas anti mafia bola beranggotakan Najwa Shihab hingga Akmal Marhali. /PSSI/

Mitra Jakarta - Presiden Jokowi menaruh perhatian penuh agar sepak bola Indonesia terus berbenah. Terakhir, Rabu (20/9) pagi, Presiden Jokowi memanggil ketua umum PSSI, Erick Thohir dan memintanya untuk memberi perhatian serius soal praktik pengaturan pertandingan dan mafia sepakbola.

"Tadi pagi saya dipanggil Pak Presiden, selain melaporkan kesiapan Piala Dunia U-17 dan rencana peletakan batu pertama pusat latihan nasional PSSI di IKN, secara khusus saya diperintahkan untuk memberi perhatian serius soal praktik pengaturan pertandingan dan mafia sepakbola. Bahkan, meminta keterlibatan tokoh-tokoh independen agar jelas transparansinya," kata Erick Thohir dalam keterangannya, Rabu, 20 September 2023.

Erick menuturkan, berangkat dari arahan Presiden, ia pun menggandeng beberapa tokoh independen untuk bergabung dalam satgas. Harapannya, tokoh-tokoh tersebut akan memberikan dampak nyata dalam mewujudkan PSSI sebagai organisasi yang gamblang, bersih, dan terbuka atas berbagai temuan praktik kecurangan.

Baca Juga: Acara Sepak Bola Bisa Menjadi Industri Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Anggota satgas anti mafia bola

Satgas Anti Mafia Sepak Bola bentukan PSSI ini beranggotakan lima tokoh, antara lain mantan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2015-2019, Maruarar Sirait, jurnalis Najwa Shihab, mantan Ketua BPKP, Ardan Adiperdana, dan koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali.

Erick memandang anggota satgas yang dibentuk ini punya kredibilitas yang baik. Mereka pun diyakini bisa bekerja maksimal.

"Jika melihat individu-individu dalam tim ini, saya jamin satgas bisa bekerja maksimal. Mereka bisa langsung laporkan temuan ke Presiden karena tujuannya untuk percepatan dalam membersihkan sepakbola. Satgas ini juga akan berkolaborasi dengan FIFA sebagai bagian transparansi," ucap Erick, dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga: Mengenal Erick Thohir, Pengusaha Serbabisa yang Inspiratif

Halaman:

Editor: Syahroni

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah