DKI Jakarta Perlu Bentuk Badan Promosi Wisata Usai Tidak Lagi Jadi Ibu Kota

- 18 Agustus 2023, 20:08 WIB
DKI perlu lebih mengembangkan pariwisata setelah tidak lagi jadi Ibu Kota
DKI perlu lebih mengembangkan pariwisata setelah tidak lagi jadi Ibu Kota /antara

MitraJakarta.id - DKI Jakarta perlu melakukan gebrakan setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota Indonesia. Salah satunya lebih mengembangkan pariwisata.

Pemerhati pariwisata dan ekonomi kreatif Rus Suharto mengusulkan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membentuk badan promosi pariwisata. Ini untuk menyiapkan Jakarta sebagai kota ekonomi setelah ibu kota pindah ke Nusantara (IKN).

Baca Juga: IDAI Sebut WFH Buka Solusi Tekan Polusi Udara di DKI Jakarta

“Pembentukan badan promosi pariwisata sangat penting mengingat Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota yang otomatis kunjungan kerja dan raker tingkat nasional maupun internasional nantinya banyak di IKN,” kata Rus di Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Rus menilai Jakarta sudah memiliki infrastruktur kepariwisataannya yang baik mulai dari hotel, restoran, pusat rekreasi, ruang publik, dan daya tarik wisata.

Artinya, jika kunjungan wisatawan berkurang maka dikhawatirkan berpengaruh menurunnya pendapatan asli daerah (PAD).

Karena itu, dengan adanya pembentukan badan promosi pariwisata ini mampu mempersiapkan Jakarta tetap layak untuk menjadi menarik wisatawan dengan promosi destinasi kota.

Terlebih, pembentukan Badan Promosi Pariwisata Jakarta tertuang dalam Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 22 Tahun 2011 tentang Badan Promosi Pariwisata Indonesia, Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tata Kerja, Persyaratan, Serta Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Unsur Penentu Kebijakan Badan Promosi Pariwisata Indonesia, dan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Kepariwisataan.

“Badan Promosi Pariwisata Jakarta punya peran promosi kota, berbeda dengan lembaga pariwisata yang melakukan promosi hanya sebatas usaha dan profesinya,” terangnya.

Baca Juga: Gelar KTT ASEAN, DKI Jakarta Terapkan PJJ bagi Pelajar

Rus menerangkan badan promosi pariwisata merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah sehingga lebih mampu mengenalkan infrastruktur kota, transportasi publik, hingga destinasi wisata Jakarta.

Diharapkan, dengan adanya peran badan promosi pariwisata Jakarta dapat meningkatkan devisa maupun PAD dalam waktu yang akan datang.***

Editor: Cecep Sumitra

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x