Hadapi Tantangan Global, Berikut Harapan Bapanas ke Pelaku Industri Gula

- 29 Juni 2024, 14:10 WIB
Ilustrasi - Pekerja memasukan gula ke dalam karung menggunakan mesin di Pabrik Gula (PG) Jatitujuh, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024). ANTARA/Harianto
Ilustrasi - Pekerja memasukan gula ke dalam karung menggunakan mesin di Pabrik Gula (PG) Jatitujuh, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024). ANTARA/Harianto /

Mitra Jakarta - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyerukan kepada industri gula yang ada di Indonesia maupun Asia Tenggara, agar merancang strategi persiapan menghadapi tantangan global.

"Pelaku industri gula harus merancang strategi persiapan menghadapi tantangan pangan global," kata Arief dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, meluasnya tantangan pangan secara global sebagai akibat dari naiknya permintaan terhadap kebutuhan pangan dan perubahan iklim serta konflik geopolitik, harus menjadi perhatian bagi para pelaku usaha pangan.

Arief menyerukan hal tersebut saat membuka 6th Meeting of ASEAN Sugar Alliance (ASA) di Jakarta.

Dalam pertemuan tahunan ASA itu, Arief turut mendorong pelaku usaha gula se-Asia Tenggara untuk semakin memperkuat implementasi prinsip Environment, Social, and Governance (ESG).

"Kondisi dunia sekarang ini penuh tantangan. Untuk itu, adanya forum ASEAN Sugar Alliance pada hari ini dapat menjadi wadah dalam berbagi pengetahuan, bertukar pandangan, dan berkolaborasi mengenai isu dan kondisi terkini," ujar Arief.

Baca Juga: Alasan Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas Jadi Plt Mentan Gantikan SYL

Dia berharap semua delegasi negara mempunyai pandangan yang sama bahwa saat ini adalah kesempatan berharga untuk bertukar pengetahuan guna mengembangkan kebijakan, inovasi, dan teknologi.

Ia juga mendorong pelaku usaha budi daya tebu dan produksi gula untuk konsisten menerapkan prinsip ESG. Hal itu penting dilakukan sesegera mungkin agar industri gula semakin mendukung percepatan perwujudan keberlanjutan bagi generasi yang akan datang.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah