Program Penghijauan, PJ Gubernur DKI Pimpin Tanam Pohon di Waduk Kampung Rambutan

- 21 Juli 2023, 09:46 WIB
PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memimpin penanaman pohon di Waduk Kampung Rambutan Dua, Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (21/7).
PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memimpin penanaman pohon di Waduk Kampung Rambutan Dua, Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (21/7). /(Foto: Beritajakarta.id)

MitraJakarta.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengajak masyarakat untuk sukseskan program penghijauan.

Dia memimpin penanaman pohon di Waduk Kampung Rambutan Dua, Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (21/7). Sebanyak 20 pohon tabebuya ditanam secara simbolis dari total 240 pohon di waduk dengan lahan seluas 1,25 hektare ini.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Heru mengajak, stakeholders maupun pihak swasta lainnya di Jakarta untuk turut serta mendukung program penghijauan melalui penanaman di berbagai lokasi.

“Penanaman pohon ini untuk beautifikasi, supaya rindang dan menyerap air. Saya minta seluruh stakeholders di DKI Jakarta terlibat untuk tanam pohon di mana saja, jumlahnya silakan. Hari ini SBI dengan Indocement turut serta menghijaukan Jakarta,” ujarnya, Jumat (21/7).

Heru menjelaskan, pembangunan Waduk Kampung Rambutan Dua bertujuan untuk mengendalikan debit aliran Kali Cipinang, menambah area resapan air, sebagai cadangan air pada saat musim kemarau, konservasi serta menambah ruang terbuka biru sekaligus ruang interaksi publik di Jakarta.

“Waduk ini salah satu waduk dari pengendali banjir dari total 12 waduk di Jakarta Timur. Waduk ini pengendali debit aliran Kali Cipinang. Juga terdapat instalasi pengolahan air limbah atau IPAL di dekat lokasi sehingga air masuk ke waduk sudah jernih dan bersih,” tandasnya.***

Editor: Senja Hanan

Sumber: Beritajakarta.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah