Menpora Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025

- 7 Mei 2024, 20:39 WIB
Menpora Dito Ariotedjo (ketiga kiri) dan Ketum PB Persani Ita Yuliati, mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Artistic Gymnastics World Championships 2025, di Jakarta, Selasa (7/5/2024)
Menpora Dito Ariotedjo (ketiga kiri) dan Ketum PB Persani Ita Yuliati, mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Artistic Gymnastics World Championships 2025, di Jakarta, Selasa (7/5/2024) /Mitra Jakarta /

Mitra Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyatakan pemerintah mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Artistic Gymnastics World Championships (Kejuaraan Dunia Senam Artistik) 2025.

Federasi Senam Internasional (FIG) telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia Arena, Jakarta, pada 19-25 Oktober.
Dito menilai senam adalah salah satu cabang olahraga paling bergengsi di dunia sehingga akan sangat baik bagi Indonesia jika menjadi tuan rumah kejuaraan dunia cabang olah raga ini.

"Pastinya pemerintah sangat mendukung, seperti akomodasi, tempat, dan transportasi penyelenggaraan. Kami akan melibatkan banyak pihak agar dikenal secara massif, karena dampaknya untuk promosi Jakarta dan Indonesia secara umum," kata Dito dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, saat mengumumkan Indonesia tuan rumah kejuaraan itu.

Menurut dia, Kemenpora dan Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) akan berupaya maksimal mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah sehingga berdampak pada pembenahan infrastruktur dan pembinaan senam usia muda.

Dia mengungkapkan senam masuk daftar Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam misi mencapai "Indonesia Emas" 2045, sekaligus pendongkrak peringkat Olimpiade sehingga akan terus dikembangkan.

Ketua Umum PB Persani Ita Yuliati mengungkapkan kejuaraan ini akan diikuti sekitar 500 atlet dari 70 negara, termasuk Indonesia.

"Kami berharap akan menjadi pemicu prestasi gimnastik Indonesia ke depannya, sehingga akan bergerak secara aktif untuk semua persiapan," kata Ita saat mendampingi Dito di Kantor Kemenpora.

Dia menyatakan Persani akan mendatangkan pelatih dari Jepang untuk mempersiapkan tim putra dan putri Indonesia agar bersaing maksimal guna mengharumkan bangsa sebagai tuan rumah.

Menurut dia tujuh atlet putra dan lima putri Indonesia akan mengikuti ajang itu. Semuanya aakan mengikuti pemusatan latihan nasional di Cibubur pada Oktober 2024.

Halaman:

Editor: Senja Hanan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah