PPKUKM DKI Bentuk Pelatihan Teknik Digitalisasi Kepada Pelaku UMKM

- 6 Mei 2024, 15:15 WIB
Arsip foto - Pelaku UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta di Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Arsip foto - Pelaku UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta di Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza) /

Mitra Jakarta - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta memberikan pelatihan teknik digitalisasi pemasaran kepada pelaku UMKM binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami melakukan penguatan infrastruktur digital dalam memfasilitasi UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dengan mengadakan pelatihan teknik digitalisasi pemasaran agar dapat menjaring konsumen lebih luas," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Ratu menjelaskan, pelatihan tersebut sebagai fasilitas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terhadap UMKM di Jakarta, sekaligus upaya dalam menyusun strategi demi mendukung perwujudan Jakarta sebagai kota global.

Pelatihan (workshop) E-Smart yang merupakan pelatihan literasi digital kepada UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta ini juga memanfaatkan potensi yang ditawarkan oleh platform digital dan e-commerce dan menerapkan sistem pembayaran yang berbasis digital melalui QRIS Jakpreneur.

Baca Juga: HUT Kemerdekaan RI di IKN, Kemenparekraf Siapkan 400 UMKM

Selanjutnya fasilitas pemasaran berbasis digital seperti Jumat Beli Lokal (JBL), e-Order dan platform digital lainnya.

Pemprov DKI Jakarta juga membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan akses permodalan usaha melalui program-program pinjaman UMKM serta memfasilitasi kerja sama dengan lembaga keuangan untuk pendanaan yang lebih mudah.

"Pengembangan jaringan dan kerja sama untuk mendorong sinergi antara UMKM dengan pelaku usaha lainnya, baik lokal maupun internasional, melalui penyelenggaraan acara pameran dan bazar baik secara 'online' maupun 'offline'," ujar Ratu.

Lalu, memfasilitasi pengembangan akses produk pelaku UMKM lewat promosi dan "branding" untuk meningkatkan citra UMKM Jakarta secara global, baik melalui pameran internasional, platform e-commerce maupun media sosial.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah