HUT Kemerdekaan RI di IKN, Kemenparekraf Siapkan 400 UMKM

- 2 Mei 2024, 16:57 WIB
Kemenparekraf dan OIKN menyiapkan 300-400 pelaku UMKM untuk hadir dalam perayaan Kemerdekaan RI di IKN
Kemenparekraf dan OIKN menyiapkan 300-400 pelaku UMKM untuk hadir dalam perayaan Kemerdekaan RI di IKN /

Mitra Jakarta - Sekitar 300 hingga 400 Pelaku UMKM akan dilibatkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk persiapan HUT RI ke-79 di IKN, 17 Agustus 2024 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM tersebut melalui program Bedakan (Bedah, Desain, Kemasan), sebagai persiapan untuk tampil memamerkan produknya saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

"Saya harapkan semua peserta dapat meningkatkan penjualannya dan bisa menciptakan lapangan kerja, karena sebenarnya yang menciptakan lapangan kerja adalah usaha kecil," ujar Sandiaga dilansir dari Antara, Kamis (2/5).

Sandiaga mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk UMKM sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Menurutnya, pendapatan yang stabil dapat membuat UMKM menjadi sukses.

"Model daripada bisnis itu seharusnya profit, kita jaga dengan meningkatkan penjualan dan pendapatan serta menekan cost serendah mungkin. Dari semua UMKM yang sukses, mereka mampu menjaga pendapatannya stabil dan cenderung meningkat, tapi pengeluarannya atau biaya produksinya ditekan seefisien mungkin," jelasnya.

Baca Juga: Pansus IKN Bidik Kawasan Senayan hingga Kemayoran Jadi Aset DKI

Sandiaga juga meninjau persiapan upacara 17 Agustus yang akan berlangsung di ibu kota baru. Ia menyampaikan tentang kesiapan lokasi di IKN.

"Setelah kita meninjau beberapa fasilitas Parekraf, bisa kita pastikan Insya Allah di akhir bulan Juli, awal Agustus (tahun 2024) siap dioperasikan. Terutama hotel seperti Hotel Nusantara, dan juga ada satu hotel lain yang disebut Hotel Qubika," katanya

Dilanjutkan Sandi, nanti para pelaku UMKM yang sudah dilatih dan dikurasi bisa mulai berkreasi dan training. Alhasil pada saat acara besarnya di 17 Agustus, mereka sudah siap.

"Nanti kita koordinasi dengan Otorita IKN agar prosesi perayaan 17 Agustus ini juga dirasakan oleh masyarakat luas, termasuk para pelaku UMKM ekonomi kreatif dan fasilitas pariwisatanya sudah bisa difungsikan," jelas Sandi.

Sementara itu, Direktur Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN Muhsin Palinrungi mengatakan, pihaknya telah melakukan kurasi terhadap 417 UMKM binaan.

"Kita kurasi mana yang berpotensi untuk kemudian kita bina dan berkolaborasi dengan Direktorat Desain, Kriya, dan Fesyen dari Kemenparekraf, dari 50 orang yang kita kurasi pada tahap awal akan diberikan pembekalan, dari 50 dikurasi menjadi 25, selanjutnya akan diberikan pembekalan berupa desain kemasan produk oleh desainer profesional," kata Muhsin.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah