DPRD DKI Mendukung Tata Kawasan Kebayoran Lama

- 5 Mei 2024, 14:15 WIB
Tangkapan Layar Masterplan Penataan Kawasan Kebayoran Lama / IG @dkijakarta
Tangkapan Layar Masterplan Penataan Kawasan Kebayoran Lama / IG @dkijakarta /

Mitra Jakarta - Komisi D DPRD DKI mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menata kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan guna memastikan pembangunan wilayah berjalan lancar secara berkelanjutan.

"Untuk penataan kawasan maupun ruang hijau untuk Komisi D selalu setuju," Ketua Komisi D DPRD DKI Ida Mahmudah saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (5/5).

Ida menjelaskan, pihaknya belum menerima pembahasan mengenai penataan kawasan tersebut, namun menyatakan mendukung jika program itu terkait dengan penghijauan.

Menurut dia, dalam penataan kawasan minimal ada penanaman pohon pada wilayah yang akan dibangun sehingga tak hanya di Kebayoran saja, namun dilakukan untuk semua wilayah di Jakarta.

Maka dari itu, dia menyatakan mendukung penataan kawasan di Jakarta Selatan tersebut selama mampu mempercantik maupun memperbaiki fasilitas yang ada.

"Saya minta ke Dinas Pertamanan sesegera mungkin membangun karena kalau tidak ada pihak ketiga bisa PJLP (penyedia jasa lainnya perorangan) yang melakukan itu," ujarnya.

Baca Juga: Alasan Komisi D DPRD DKI Desak Bahan Bakar dari Sampah Segera Direalisasikan

Pemprov DKI Jakarta berencana menata kawasan Kebayoran Lama dengan membagi empat blok yang terdiri atas ruang terbuka hijau (RTH) fungsional, penataan jalan, penataan taman koridor usaha mikro dan penataan taman transit Kebayoran.

Pertama, penataan Blok A yang meliputi RTH fungsional dan parkir dengan total luas lahan 8.336 meter persegi.

Nantinya, fungsi lahan akan difokuskan untuk penyediaan selter parkir, penampungan pedagang kaki lima (PKL) dan taman.

Lalu, penataan Blok B terdiri dari penataan jalan, lintas bawah (underpass), jalur pedesterian, jalur sepeda kolong jalan layang (flyover), menara pemantau lalu lintas dan bulevar, dengan total luas 41.408 meter persegi.

Penataan Blok C meliputi penataan area pedagang campuran. Blok C ini nantinya akan dibangun koridor pejalan kaki yang dilengkapi dengan taman dan penerangan sehingga pengunjung lebih nyaman.

Terakhir, penataan Blok D meliputi penyediaan taman transit Kebayoran. Taman akan berlokasi di bawah jalan layang, persimpangan Jalan Teuku Nyak Arief dekat halte koridor 8 TransJakarta.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah