3 Tim Berebut Satu Tiket Championship Series, Siapa Lebih Berpeluang?

- 30 April 2024, 10:49 WIB
Perebutan tiket Championship Series masih sengit
Perebutan tiket Championship Series masih sengit /


Mitra Jakarta - Regular Series Liga 1 2023/2024 akan resmi berakhir hari ini atau Selasa (30/4/2024). Tema utamanya adalah persaingan tiga tim untuk merebut satu tiket tersisa Championship Series.

Setelah melewati 33 pertandingan, kini tersisa satu tempat di jajaran empat besar. Itu diperebutkan Madura United FC (4), PSIS Semarang (5) dan Dewa United FC (6).

Baca Juga: Persib Bandung Optimistis Libas Bali United, Sudah Paham Gambaran Championship Series

Ada tiga tim yang sudah lolos ke fase berikutnya, yakni Borneo FC Samarinda selaku juara Regular Series. Lalu, Persib Bandung yang sudah aman di posisi tiga. Kemudian Bali United FC di urutan tiga.

Berdasarkan jadwal, Persib akan melawan Bali United di semifinal Champhioship Series yang memakai sistem dua leg. Artinya, kontestan terakhir akan bersua Borneo FC.

Madura United (54 poin), PSIS (53 poin) dan Dewa United (51 poin) masih berpeluang melaju karena selisih poinnya cukup tipis. Hasil akhir akan menjawab siapa yang akan melenggang.

"Tim keempat yang lolos ke babak champhionship series baru diketahui usai pekan terakhir babak regular. Ini menunjukkan persaingan di papan atas relatif ketat dan kompetitif," ucap Asep Saputra selaku Direktur Operasional LIB.

Lalu, siapa punya peluang lebih baik? Madura United dinilai ada di atas angin. Pada laga ke-34 Liga 1, Laskar Sapeh Kerrap akan menjamu Arema FC di stadion Gelora Bagkalan, pukul 15.00 WIB.

Sedangkan PSIS harus menyambangi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) juga pukul 15.00 WIB. Ini diyakini jadi laga sulit bagi Laskar Mahesa Jenar.

Sedangkan Dewa United bakal melakoni laga kandang kontra Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada pukul 15.00 WIB. Deity Warriors wajib menang jiga ingin masuk empat besar.

Madura United lebih diuntungkan karena tidak memiliki banyak syarat di banding rival lainnya. Ini membuat persaingan pada partai pamungkas Liga 1 akan sengit.

Tim asuhan Maurício Souza itu hanya butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke Championship Series. Jika imbang apalagi kalah, maka harus berharap dua pesaingnya mendapat hasil yang sama.

PSIS akan otomatis naik ke posisi keempat jika menang di kandang Persija. Namun, itu dengan syarat Madura United gagal mengalahkan Arema FC.

Bagaimana dengan Dewa United? Klub yang bermarkas di Indomilk Arena ini bisa dibilang butuh keajaiban untuk lolos. Mereka wajib memenangi laga terakhir kontra Borneo FC.

Ada syarat lain yang tak kalah berat. Dewa United wajib berdoa pada saat bersamaan Madura United tumbang dari Singo Edan, dan PSIS di terkam Macan Kemayoran.

"Untuk menjaga aspek sportivitas, kami akan menggelar pertandingan yang melibatkan tim yang masih punya peluang ke babak championship series, pada waktu yang bersamaan," jelas Asep.

Ada skenario ketiga tim nantinya mengumpulkan poin sama usai laga penutup. Itu bisa terjadi bila Madura United kalah, PSIS bermain imbang, dan Dewa United meraih kemenangan.

Jika itu terjadi mereka akan sama-sama mendulang 54 poin. Lalu, siapa yang berhak ikut Championship Seres? PSIS yang akan lolos berdasarkan perhitungan klasemen mini dari ketiga klub.

Halaman:

Editor: Cecep Sumitra

Sumber: LIB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah