Legislator Minta Gulkarmat DKI Masif Cegah Kebakaran Akibat Korsleting

- 5 Maret 2024, 15:10 WIB
Warga memikul barang berharga saat kebakaran sebuah pabrik di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (15/9/2023). ANTARA/Bayu Pratama S.
Warga memikul barang berharga saat kebakaran sebuah pabrik di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (15/9/2023). ANTARA/Bayu Pratama S. /

Mitra Jakarta - Anggota Komisi A DPRD DKI Dwi Rio Sambodo meminta Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta lebih masif mencegah kebakaran yang disebabkan korsleting listrik.

"Penyebab utama kebakaran seperti korsleting listrik tidak pernah terjamah secara masif," kata Rio di Jakarta, Selasa.

Rio menuturkan sudah sering dalam rapat Komisi A DPRD DKI pihaknya bersama Gulkarmat DKI membahas tentang pencegahan kebakaran secara menyeluruh melalui kerja sama institusi pusat dan daerah seperti PLN.

Dia menegaskan Komisi A DPRD DKI terus menekankan segala aspek pencegahan secara komprehensif, integral, dan holistik termasuk membahas besaran pembiayaan APBD secara signifikan.

Baca Juga: Momen Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Berhasil Padamkan Kebakaran di Tambora

Adapun salah satunya yakni memastikan agar adanya sosialisasi kepada warga terkait pencegahan korsleting listrik di setiap wilayah Jakarta.

"Salah satu riset yang sudah ditemukan bahwa penyebab utama kebakaran di Jakarta itu 70 persen disebabkan korsleting listrik," tambahnya.

Selain itu, dia juga menyoroti usulan mengenai penambahan petugas Gulkarmat DKI sebagai peningkatan layanan dalam penanganan kebakaran. Namun pembahasan itu bersifat normatif.

"Untuk personel Gulkarmat justru banyak membahas tentang keberadaan dan rekrutmen relawan pemadam kebakaran yang payung regulasinya dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x