Sekda DKI Imbau Pemudik Tak Ajak Sanak Saudara Merantau ke Jakarta

- 5 April 2024, 07:00 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat melepas belasan ribu pemudik yang ikut program Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov DKI/ (Antara/Siti Nurhaliza )
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat melepas belasan ribu pemudik yang ikut program Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov DKI/ (Antara/Siti Nurhaliza ) /

Mitra Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengimbau pemudik agar tidak mengajak sanak saudara atau tetangga kampung halamannya untuk merantau di Jakarta.

Hal ini dikatakan Joko Agus saat melepas belasan ribu pemudik yang ikut program Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov DKI

"Pada keselamatan ini saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik, saat kembali nanti agar tidak mengajak sanak keluarga atau tetangga untuk mengadu nasib di Jakarta tanpa memiliki kemampuan kerja dan persiapan yang memadai," kata Joko di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (4/4).

Menurut Joko, masyarakat perantau yang datang ke Jakarta berisiko mengalami berbagai kesulitan jika tidak memiliki kemampuan dan persiapan kerja yang memadai.

"Pertimbangan risiko yang akan mereka hadapi seperti kesulitan memenuhi persyaratan administrasi pendudukan, akses terhadap pekerjaan, serta menemukan tempat tinggal yang layak dan tetap," ujar Joko.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gelar Bazar Ramadan di Balai Kota, Memberdayakan UMKM

Namun, Joko mengatakan Pemprov DKI Jakarta belum ada rencana untuk melakukan operasi yustisi usai mudik Lebaran 2024.

Ia menyampaikan hal ini hanya sebatas imbauan bagi warga agar tak membawa sanak keluarga saat kembali ke Jakarta.

"Kita belum ada rencana ke sana. Warga yang pindah atau bepergian ke satu daerah ke daerah lain dalam satu daerah di Republik Indonesia itu tidak ada larangan, kita hanya bisa mengimbau," ujar Joko.

"Harapannya, mereka persiapkan dulu sebaik mungkin untuk nanti datang ke Jakarta,” pungkasnya.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah