Pantau Kesehatan Hewan Kurban, Kepulauan Seribu Melibatkan 37 Dokter

- 15 Juni 2024, 17:05 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah di Kepulauan Seribu.ANTARA/HO-Pemkab Kepulauan Seribu
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah di Kepulauan Seribu.ANTARA/HO-Pemkab Kepulauan Seribu /

Mitra Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu melibatkan 37 dokter serta tenaga kesehatan hewan untuk memantau kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Petugas yang kita libatkan berasal dari Sudin KPKP setempat, Dinas KPKP DKI Jakarta, dan juga dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI),” kata Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu Nurliati di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan petugas kesehatan itu melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai dari pelabuhan di Jakarta dan Tangerang yang akan menuju Kepulauan Seribu serta di enam kelurahan yang ada di wilayah Kepulauan Seribu.

Petugas kesehatan yang dikerahkan melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai dari pelabuhan di Jakarta dan Tangerang yang akan menuju Kepulauan Seribu, serta di enam kelurahan yang ada di wilayah Kepulauan Seribu.

“Akan ada dua tahapan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh para petugas, yaitu pemeriksaan antemortem dan postmortem terhadap semua hewan kurban, kata dia menambahkan.

Baca Juga: Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Tepat ala Dokter

Ia menjelaskan pemeriksaan antemortem ialah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih, yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Sedangkan pemeriksaan post mortem ialah pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang.

Pemeriksaan, lanjutnya dilakukan segera setelah penyelesaian penyembelihan, dan pemeriksaan dilakukan terhadap kepala, karkas atau jeroan.

“Kami telah menyebar petugas kesehatan di berbagai pelabuhan untuk pengecekan kondisi hewan kurban. Kami juga memeriksa hewan kurban yang didistribusikan ke Kabupaten Kepulauan Seribu dengan melakukan pengecekan kaki struktur giginya, serta memastikan usia hewan kurban sesuai dengan syariat yang telah ditentukan," kata dia.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah