Menyingkap Surga Bawah Laut Tersembunyi di Pulau Miang Kutai Timur

- 30 Januari 2024, 13:24 WIB
Wisatawan berpose di samping patung baca bawah laut Pulau Miang. ANTARA/HO-Dok Pro Kutim
Wisatawan berpose di samping patung baca bawah laut Pulau Miang. ANTARA/HO-Dok Pro Kutim /

Mitra Jakarta – Jauh di lepas pantai Kalimantan Timur, terkurung dalam pelukan Laut Sulawesi, bersemayam sebuah daratan kecil bernama Pulau Miang. Meski belum setenar Derawan atau Kakaban, Pulau Miang menyimpan pesona bahari yang memikat. Keberadaannya bak permata tersembunyi yang menunggu untuk ditelusuri.

Bagi penyelam dan pecinta snorkeling, Pulau Miang adalah negeri impian. Gugusan terumbu karang warna-warni membentang luas, menjadi rumah bagi ratusan jenis biota laut. Ikan-ikan eksotis berlenggok-lenggok dengan riang, mulai dari ikan nemo yang lincah hingga ikan pari manta yang anggun.

Sensasi berenang bersama kawanan ikan barakuda patut dinikmati, ditambah lagi menyaksikan gurita berbintik yang berkamuflase sempurna. Di kedalaman tertentu, penyelam bahkan dapat menyaksikan formasi terumbu karang yang menyerupai patung bawah air, menambah keajaiban dunia di bawah laut sekitar Pulau Miang.

Pulau Miang merupakan salah satu situs diving dan snorkeling yang populer di Kalimantan Timur. Terumbu karang di pulau ini sangat beragam, mulai dari karang keras hingga karang lunak. Ikan-ikan warna-warni, seperti clownfish, butterflyfish, dan lionfish, berkeliaran di antara terumbu, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Selain keindahan alam, Pulau Miang juga menyimpan jejak sejarah dan budaya. Di pulau ini terdapat sumur minyak peninggalan kolonial Belanda berusia sekira seabad, yang merupakan saksi bisu industri minyak bumi lokal pada masa lampau. Desa nelayan tradisional dengan rumah panggung di teluk menambah pesona autentik pulau ini.

Baca Juga: Menkop UKM: Rumput Laut Wakatobi Potensial Sebagai Penggerak Hilirisasi

Keindahan Pulau Miang tak hanya terbatas di bawah laut. Gusung Sappalege, sebuah daratan kecil di tengah laut, menawarkan panorama laut lepas yang memesona. Hal yang tak kalah menyenangkan ialah bersantai di pasir putih yang lembut, sembari menikmati semilir angin laut dan debur ombak yang menenangkan.

Di Pulau Miang, jangan pula melewatkan kesempatan berfoto dengan patung baca bawah air, ikon unik Pulau Miang yang makin menambah daya pikat pulau ini.

Masyarakat Pulau Miang yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan itu menyambut wisatawan dengan keramahan khas Indonesia. Pun wisatawan bisa menginap di rumah panggung tradisional milik warga lokal, merasakan pengalaman hidup berdampingan dengan alam dan budaya lokal yang kental.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah