Pemprov DKI Yakin KTT AIS Pacu Pengembangan UMKM di Kepulauan Seribu

- 23 September 2023, 12:06 WIB
Kepulauan Seribu diyakini dapat manfaat dengan diselenggarakannya KTT AIS. (Antara)
Kepulauan Seribu diyakini dapat manfaat dengan diselenggarakannya KTT AIS. (Antara) /

MitraJakarta.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku optimistis penyelenggaraan KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dapat memacu pengembangan UMKM di wilayah pesisir DKI, seperti Kepulauan Seribu.

"KTT AIS berpotensi besar mengembangkan wisata bahari di Indonesia, termasuk DKI Jakarta seperti di Kepulauan Seribu. Perkembangan pariwisata bahari itu lantas akan menggerakkan roda perekonomian di wilayah pesisir, termasuk mendukung pengembangan UMKM," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Sabtu (23/9).

Menurut Elisabeth, saat ini Kepulauan Seribu sudah memiliki produk UMKM lokal yang bagus, seperti batik Betawi, keripik sukun, dan produk olahan hasil laut sehingga kebijakan dari KTT AIS Forum 2023 berpotensi besar untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan produk-produk tersebut.

Baca Juga: Menkop UKM: Fintech Harus Dukung UMKM Jadi Bagian Hilirisasi Industri

Meskipun begitu, dia menyampaikan pula dalam mengoptimalkan hasil KTT AIS Forum 2023 yang digelar di Bali pada 11 Oktober mendatang, dibutuhkan sinergi yang kuat di antara pemangku kepentingan dan masyarakat di wilayah pesisir.

"Pemprov DKI Jakarta pun melalui program Jakarta Entrepreneur siap bersinergi mengembangkan UMKM, khususnya di wilayah pesisir seperti di Kepulauan Seribu," ujar dia.

Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD Bidang Perekonomian DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menilai penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 merupakan momentum Pemprov DKI untuk meningkatkan wisata Kepulauan Seribu.

Menurut MTZ, sapaan akrab Muhammad Taufik Zoelkifli, wisata Kepulauan Seribu bisa menjadi penyumbang pemasukan terbesar Jakarta jika dikelola dengan baik.

Wisata Kepulauan Seribu juga bisa menjadi salah satu motor pendapat daerah jika kelak Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x