Bank DKI Berikan Edukasi Literasi Keuangan ke Ratusan Pelaku UMKM

- 20 Agustus 2023, 13:30 WIB
Aplikasi JakOne Mobile mudahkan transaksi non tunai, Jakarta, Sabtu (19/8/2023).
Aplikasi JakOne Mobile mudahkan transaksi non tunai, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). /(Foto: Bank DKI)

MitraJakarta.id - Ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapatkan pelatihan edukasi literasi keuangan. Direktur Teknologi & Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Jakarta, Amirul Wicaksono berharap edukasi ini bisa mengelola usaha lebih efisien.

”Dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, diharapkan UMKM dapat mengelola usaha lebih efisien dan berkualitas," kata Amirul Wicaksono di Jakarta, Sabtu (20/8).

Amirul menjelaskan pelatihan bertema "Mental Wirausaha dan Literasi Pengelolaan Keuangan Pribadi" ini bisa mendorong para pelaku UMKM siap menghadapi tantangan di era ekonomi yang semakin kompetitif.​​​​​​​

Sehingga, lanjut dia, diharapkan mampu meningkatkan daya saing serta dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

"Bank DKI akan terus berkomitmen bukan hanya memperluas akses kredit/pembiayaan, melainkan juga terus mendorong pemberdayaan dan melakukan pendampingan agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang," katanya.

Ke depannya, pelatihan ini bisa menjadi percontohan yang nantinya akan dilanjutkan ke wilayah DKI Jakarta lainnya.

Selain itu, Bank DKI juga aktif mendukung pelaku UMKM melalui program digitalisasi pasar di Jakarta, khususnya pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya.

Bank DKI turut menghadirkan ekosistem pembayaran non tunai melalui aplikasi JakOne Abank, implementasi QRIS, hingga digitalisasi pembayaran di fasilitas lainnya dalam lingkungan pasar.

Adapun berbagai fitur layanan digital yang disediakan dapat mengakomodir kebutuhan transaksi keuangan harian khususnya bagi para pedagang maupun pengunjung pasar, seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja daring, top up uang elektronik, hingga transaksi QRIS.

Halaman:

Editor: Senja Hanan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah