Pemkot Samarinda Berdayakan UMKM Lokal Ciptakan Minuman Khas

- 17 Februari 2024, 18:25 WIB
Pelaku UMKM tengah melakukan kompetisi Welcome Drink yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda, di Hotel Mesra Samarinda, Kaltim, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/Ahmad Rifandi
Pelaku UMKM tengah melakukan kompetisi Welcome Drink yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda, di Hotel Mesra Samarinda, Kaltim, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/Ahmad Rifandi /

Mitra Jakarta - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar kompetisi Welcome Drink pada Sabtu, yang diikuti oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner, sebagai salah satu upaya meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan UMKM di kota tersebut, khususnya menciptakan minuman khas.

"Kegiatan ini mendorong kreativitas UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian di Kota Samarinda, baik di tingkat regional maupun global," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Samarinda Sam Syaimun di Samarinda, Kaltim, Sabtu.

Kompetisi yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi UMKM mengungkit daya inovasi dalam mempersiapkan persaingan industri kreatif.

"Pemerintah tentunya telah menyadari akan potensi yang dimiliki oleh UMKM yang ada di kota Samarinda," ujar Sam Syaimun.

Baca Juga: Pertamina Dampingi 1.237 UMKM Binaan Raih Sertifikasi Halal

Ia melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha kecil agar dapat naik kelas menjadi usaha menengah, dengan memberikan berbagai fasilitas dan bantuan.

"Selain keunggulan yang dimiliki, tentunya terdapat beberapa masalah dan tantangan yang perlu diselesaikan," katanya lagi.

Hal tersebut, imbuhnya, agar UMKM dapat berperan penting dalam meningkatkan ekonomi daerah. Sam Syaimun memaparkan, permasalahan yang menjadi fokus pemerintah yakni kualitas, kontinuitas produksi, akses pemasaran, pengemasan, kualitas SDM, atau pelaku UMKM di bidang manajemen, keuangan, dan perizinan.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah kota saat ini sedang giat melaksanakan kegiatan pembangunan, khususnya untuk program UMKM dan industri perhotelan, maupun restoran, serta wisata di Kota Samarinda.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah