Pertamina Sebut UMKM Berfokus Isu Lingkungan Perluas ke Pasar Global

- 4 Januari 2024, 18:15 WIB
Produk perhiasan dari limbah hasil UMKM binaan PT Pertamina (Persero). ANTARA/HO-PT Pertamina (Persero)
Produk perhiasan dari limbah hasil UMKM binaan PT Pertamina (Persero). ANTARA/HO-PT Pertamina (Persero) /

Mitra Jakarta – Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan produk UMKM, yang berfokus pada isu lingkungan, memiliki kesempatan lebih besar untuk memperluas pasarnya ke kancah global.

"UMKM yang memperhatikan isu lingkungan dalam menjalankan usahanya seperti pemanfaatan produk limbah serta proses produksi ramah lingkungan, secara tidak langsung telah memberikan edukasi kepada konsumen, dan memiliki peluang dalam memperluas pasarnya, karena isu lingkungan kini telah menjadi perhatian seluruh dunia," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/1).

Menurut dia, Pertamina juga telah memiliki program Go Green untuk diterapkan oleh UMKM binaan dalam menjalankan bisnisnya.

Dia pun berharap program Pertamina untuk UMKM tersebut bisa berdampak positif, mendorong kemajuan, dan mengembangkan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Akses Pembiayaan UMKM, UI Perkenalkan Aplikasi Pemeringkatan

Fadjar menambahkan kesadaran terhadap keberlanjutan telah mempengaruhi preferensi konsumen dan sejalan dengan gaya hidup ramah lingkungan (go green), yang saat ini popular.

Dia mencontohkan pelaku UMKM dari Surabaya, Jatim, Artistica Jewelry, yang menyajikan karya seni perhiasan dari limbah kaca.

"Perhiasan dengan sentuhan liontin dan manik-manik limbah kaca ini telah mendunia," ujarnya.

Artistica mengubah sampah dan barang-barang bekas menjadi perhiasan bernilai melalui kolaborasi dengan UMKM dan berfokus pada pengembangan generasi muda.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah