Sebanyak 1.530 Wirausaha Baru di Kota Magelang Diwisuda

- 14 Desember 2023, 14:05 WIB
1.530 wirausaha baru Kota Magelang, Jawa Tengah, diwisuda. ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kota Magelang
1.530 wirausaha baru Kota Magelang, Jawa Tengah, diwisuda. ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kota Magelang /

Mitra Jakarta – Sebanyak 1.530 wirausaha baru Kota Magelang, Jawa Tengah, diwisuda untuk menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut.

"Kami apresiasi Pemkot Magelang yang telah konsisten melakukan inovasi perluasan kesempatan kerja melalui penciptaan wirausaha baru yang tentu saja berdampak positif bagi menurunkan pengangguran dan kemiskinan," kata Wali Kota Magelang M. Nur Aziz di Magelang, Rabu (14/12).

Dia mengatakan, sejauh ini Kota Magelang merupakan satu-satunya daerah di Jateng yang mengadakan wisuda wirausaha. Bahkan, Pemerintah Provinsi Jateng juga belum pernah melakukan program serupa. Pelatihan hingga wisuda wirausaha melibatkan masyarakat semua usia.

"Ada generasi muda, setengah tua dan tua semua diberi kesempatan oleh Pemkot Magelang untuk berusaha dan meningkatkan kesejahteraan. Program ini menjadi strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi pertumbuhan angka kemiskinan dan pengangguran. Ini jadi bekal masyarakat agar mampu bekerja atau berwirausaha secara mandiri," katanya.

Baca Juga: KCIC Telah Menyediakan 66 Gerai UMKM di Stasiun Halim

Menurut dia, wisuda wirausaha tidak sekadar formalitas. Pemkot Magelang akan terus mendampingi dan memfasilitasi agar berkembang. Sebelum diwisuda mereka mendapat pelatihan seperti menjahit, tata boga, perbengkelan, tata rias, barista, desain grafis, marketing online, pertukangan, service HP, barbershop dan sebagainya.

"Tujuan SDGs adalah menciptakan lapangan kerja yang layak. Wisuda ini tidak sekadar formalitas tapi akan didampingi betul. Kita buka Alun-Alun Magelang, Tidar Dudan agar jenengan bisa buka lapak di sana," katanya.

Dia pun berharap seluruh wisudawan, dari batch 1 sampai 3, bergerak semua. Dengan demikian pengangguran di Kota Magelang tuntas. Mereka juga diharapkan memberikan manfaat atau lapangan kerja baru bagi sekitarnya.

Baca Juga: Lindungi UMKM Lokal, Pemerintah Akan Atur Tata Perdagangan Elektronik

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah