UMKM Kuliner Sumut Tak Terpengaruh Larangan 's-commerce'

- 15 Oktober 2023, 09:49 WIB
Pengusaha UMKM kuliner Eva Meiranda Suska mengolah martabak jualannya di Medan, Sabtu (14/10/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)
Pengusaha UMKM kuliner Eva Meiranda Suska mengolah martabak jualannya di Medan, Sabtu (14/10/2023). (ANTARA/Michael Siahaan) /

JawaPos.com – Pelaku UMKM bidang kuliner di Sumatera Utara tidak terpengaruh larangan aplikasi "s-commerce" (social commerce) atau media sosial untuk berdagang oleh pemerintah yang diatur dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023.

"Bagi saya tidak ada pengaruhnya," ujar pemilik usaha martabak berjenama "Naniko", Eva Meiranda Suska, di Medan, Sabtu.

Menurut Eva yang usahanya berlokasi di Medan Sunggal, Kota Medan, aktivitasnya di "s-commerce" seperti TikTok Shop tidak meningkatkan penjualan lantaran peminat yang kurang.

Dirinya pun lebih memilih untuk memanfaatkan media sosial lain, yakni Instagram dan WhatsApp. Di sana, pembeli dapat memesan martabak dan membayarnya via transfer.

"Dengan model berdagang seperti itu saya bisa mendapatkan omzet sekitar Rp12 juta per bulan," kata Eva.

Baca Juga: OIKN Bangun Sentra UMKM di Titik Nol IKN

Sementara pengusaha UMKM kuliner abon ayam bermerek "Mak Kido", Fitri Wahyuni, yang berada di Kabupaten Deli Serdang, juga mengakui "s-commerce" seperti TikTok Shop tidak efektif dalam menjual produknya.

Hal itu lantaran Fitri tidak memiliki banyak pengikut di aplikasi tersebut. Kemudian, dia pun merasa tidak memiliki waktu untuk berpromosi secara langsung (live).

"Sehari-hari saya memanfaatkan Instagram atau WhatsApp. Untuk omzet, saya bisa mendapatkan rata-rata Rp7 juta-Rp8 juta sebulan," tutur Fitri.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah