Prediksi BMKG musim hujan di Indonesia terjadi awal November

- 9 September 2023, 07:40 WIB
Musim hujan sesuai perkirakan BMKG akan jatuh pada bulan November 2023 atau agak lebih lambat apabila dibandingkan dengan biasanya. "Awal musim hujan diprediksi akan terjadi di bulan November 2023.
Musim hujan sesuai perkirakan BMKG akan jatuh pada bulan November 2023 atau agak lebih lambat apabila dibandingkan dengan biasanya. "Awal musim hujan diprediksi akan terjadi di bulan November 2023. /Sinar Jateng - Pikiran Rakyat/

Mitrajakarta.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di wilayah Indonesia terjadi pada awal bulan November 2023.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, melalui konferensi pers daring pada Jum’at (8/9/2023). Ia menjelaskan jika kemungkinan musim kemarau yang diakibatkan oleh El Nino mulai mereda di akhir September.

"Awal musim hujan diprediksi akan terjadi di bulan November 2023. Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah". Kata Dwikorita

Baca Juga: Cara Cek Nama Penerima Bansos melalui link resmi Kemensos

Peralihan dari musim kemarau ke hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau dari arah Australia yang disebut monsoon Australia menjadi angin baratan atau monsoon Asia.

“Dan Insya Allah akan segera berganti dengan angin yang berasal dari benua Asia, dan akhirnya apabila angin itu berasal dari benua Asia yang membawa uap-uap air dari Samudera Pasifik di sekitar Asia, maka diharapkan segera memberikan awan-awan hujan dan mendatangkan musim hujan di wilayah kepulauan Indonesia,” jelas Dwikorita. 

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh adanya fenomena El Nino di Samudera Pasifik, utamanya dipengaruhi angin Mosun Australia.

Dari hasil analisis BMKG, angin timuran yang berasal dari Australia diprediksi masih tetap aktif hingga November 2023 terutama di Indonesia bagian selatan yang paling dekat dengan Australia. Sementara angin baratan diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya.

Baca Juga: Kopifest Indonesia 2023, ajang berkumpul pecinta kopi dan pegiat UMKM

Dwikorita menjelaskan beberapa wilayah yang dekat dengan benua Asia sudah lebih dulu mendapat musim hujan, yakni sebagian besar Aceh yang dekat ke arah Asia, sebagian besar Sumatera Utara, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

"Selanjutnya musim hujan akan terjadi di Sumatera bagian tengah dan selatan dan lalu secara hampir berurutan diikuti di Kalimantan, Jawa, kemudian secara bertahap akan mendominasi seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret hingga April 2024," tutup dia.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah