1921 Calon ASN Mengundurkan Diri, ini antisipasi BKN

- 7 Agustus 2023, 15:57 WIB
Ilustrasi CASN  BKN 2023
Ilustrasi CASN BKN 2023 /

MitraJakarta.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, sebanyak 1.921 peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) selama pelaksanaan seleksi PPPK 2022, mengundurkan diri dengan sejumlah alasan. 

Haryomo Dwi Putranto selaku Pelaksana Tugas Kepala BKN mengatakan terkait kepesertaan CASN 2022 lalu, “Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar” terangnya dalam dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, Kamis (03/8/2023) di Jakarta.

Selain alasan karena ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar, lokasi penempatan juga menjadi alasan pengunduran diri,” ungkap Haryomo

Baca Juga: Dukungan penuh BBPOM Jakarta bagi Pelaku UMKM Tingkatkan Mutu dan Kualitas Produk

Untuk itu, Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan bahwa Panita Seleksi Nasional (Panselnas) segera menyiapkan fitur tambahan dalam portal SSCASN berupa penambahan detail informasi formasi jabatan yang dibuka pada seleksi CASN 2023.

"Menu informasi jabatan yang bisa dilamar akan memuat keterangan terperinci mulai dari uraian tugas, kelas jabatan, penghasilan yang diterima, sampai dengan jenjang jabatan," ujarnya, Senin (7/8/2023).

Dia mengatakan, penambahan keterangan informasi jabatan bagi pelamar ini untuk mengantisipasi peserta mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diingingkan atau penghasilan yang didapat tidak sesuai ekspektasi pelamar.

Baca Juga: Manfaat Servis Rutin Sepeda Motor, Perempuan Harus Paham!

Oleh karena itu, pelamar diminta mempertimbangkan betul sebelum melakukan pendaftaran, baik dari aspek jabatan, lokasi, sampai dengan penghasilan. Dengan adanya menu informasi jabatan ini, pelamar seleksi CASN 2023 akan dipermudah untuk mencari tahu mengenai rincian formasi yang akan dilamar.

Jelang pembukaan seleksi CASN 2023 yang dijadwalkan pada September mendatang, Haryomo juga mengimbau seluruh instansi pemerintah untuk memperhatikan dengan lebih detail tahapan seleksi administrasi agar jangan sampai ada pelamar yang dirugikan.***

Editor: Senja Hanan

Sumber: bkn.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah