Menyemarakkan Libur Lebaran Hari Ke Empat, Ini Pilihan Acara Seru di Jakarta

- 13 April 2024, 13:50 WIB
Manjakan Pengunjung Saat Libur Lebaran 2024, TMII Hadirkan Pertunjukan "Jelajah Seru Festival Pulang Kampung"
Manjakan Pengunjung Saat Libur Lebaran 2024, TMII Hadirkan Pertunjukan "Jelajah Seru Festival Pulang Kampung" /ilustrasi/

Mitra Jakarta  - Meskipun tidak melakukan mudik, bukan berarti liburan di Jakarta menjadi kurang menarik. Sebaliknya, ibu kota menyajikan berbagai acara seru yang dapat dinikmati selama masa liburan Lebaran.

Untuk menjadikan liburan Lebaran Anda lebih berwarna, berikut adalah beberapa rekomendasi acara dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengisi libur Lebaran hari keempat.

Dilansir dari Antara, berikut beberapa rekomendasi acara yang disampaikan oleh beberapa Suku Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif di wilayah Jakarta.

Jelajah Seru Lebaran di Festival Pulang Kampung

Rekomendasi pertama dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur yang menghadirkan Festival Pulang Kampung yang berlangsung 8-15 April 2024, dalam festival tersebut terdapat kuliner nusantara dan pertunjukan budaya Indonesia.

Pada Sabtu ini acara yang spesial adalah Lompat Batu dan Tari Perang di Plaza Kori Agung yang dimulai pukul 17.00-18.00 WIB, Bazar Kuliner Nusantara yang dimulai pukul 18.00-20.00 WIB, Tabuh Nusantara di depan anjungan DI Yogyakarta pada pukul 13.15-14.00 WIB dan Pertunjukan Air Mancur Tirta Renjana dan Tirta Cerita yang berlangsung berturut-turut pada pukul 18.30-19.10 WIB di Plaza Promenade.

Sebagai informasi harga masuk TMII yaitu Rp35 ribu per orang, untuk kendaraan Rp35 ribu per mobil, Rp15 ribu per motor dan Rp10 ribu per sepeda.

Jakarta Lebaran Fair 2024

Rekomendasi yang kedua adalah acara Jakarta Lebaran Fair 2024 yang berlokasi di JIExpo, Kemayoran, yang telah berlangsung dari tanggal 3-21 April 2024 ini selain menyuguhkan pameran dan bazar juga terdapat kuliner-kuliner yang lezat.

Pada Sabtu ini acara yang menjadi sorotan dalam Jakarta Lebaran Fair 2024 adalah pemeriksaan gigi gratis yang dilakukan tenaga ahli dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di Hall B2 dan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati konser musik yang pada Sabtu ini akan diramaikan oleh band Pitu dan penyanyi wanita Feby Putri. Pengunjung dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp35 ribu.

Festival Raya Kemenangan Ancol

Selanjutnya ada Festival Raya Kemenangan di Ancol, acara ini telah berlangsung sejak 4-15 April 2024. Acara ini merupakan live music di Pantai Lagoon mulai pukul 18.30 WIB. Pada Sabtu ini akan dimeriahkan oleh band papan atas Indonesia, Last Child.

Untuk dapat menikmati acara ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk Ancol seharga Rp30 ribu per orang untuk kendaraan Rp20ribu per motor dan Rp30ribu per mobil pembelian dibeli secara online di website ancol.com.

Nonton Film Budaya Betawi

Acara yang tidak kalah menariknya adalah Nonton Film Budaya Betawi yang diproduksi oleh Dinas Kebudayaan Jakarta dan ditayangkan oleh Museum Bahari, Jakarta Utara sejak 11-15 April 2024 di Bioskop Museum (Bioseum) Malahayati.

Pada Sabtu ini Museum Bahari akan menampilkan film berjudul “Kagak Pake Gawai Kite tetep Bahagia” yang akan ditayangkan dua sesi yaitu sesi pertama pukul 10.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00 WIB.

Untuk dapat menikmati acara ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk museum seharga Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk pelajar atau anak-anak.

Lebaran di Monas Aja

Rekomendasi terakhir yaitu kawasan Monumen Nasional (Monas) yang menggelar acara bertajuk “Lebaran di Monas Aja”, acara ini menampilkan sejumlah atraksi mulai dari pertunjukan air mancur menari yang disebut Air Mancur Pesona Monas yang digelar di sisi barat Monas yakni pukul 19.30-20.00 WIB dan pukul 20.30-21.00 WIB, Video Mapping yang digelar pukul 20.00-20.30 dan pukul 21.00 – 21.30.

Khusus pada Sabtu pukul 16.00 WIB pengelola bakal mengadakan acara hiburan di sisi selatan Monas. Acara hiburan ini menghadirkan sejumlah seniman di antaranya penyanyi Candil, Lobow, Band Om Om, Renaga Tahier, Om Manraga Palawa Labdawara Rembe (OMPLR), kemudian sanggar Margasari dan Fico.

Untuk menikmati acara tersebut pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis, pengunjung hanya membayar parkir kendaraan yang tersedia di IRTI Monas yakni Rp5 ribu untuk mobil dan Rp2 ribu untuk motor.***

Editor: Riyan Himawan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah