Wamendag Tekankan Pentingnya Pemerintah Daerah untuk Dukung UMKM

- 27 Januari 2024, 08:05 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (ketiga kanan)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (ketiga kanan) /(ANTARA/Ade Irma Junida)/

Mitra Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi inisiasi Pemerintah Kabupaten Bekasi yang menggelar ajang Factory Outlets Cikarang Trade Center.

Mereka dinilai memberikan peluang bagi para pelaku usaha meningkatkan penjualan, memperluas jaringan bisnis dan membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi.

"Artinya, ini semakin memberikan tidak hanya keberpihakan tetapi juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM dan customer yang beli, aksesnya lebih gampang, karena pabriknya ada di Cikarang. Sinergitas atau interconectivity antara pelaku, konsumen, dan penjual, akan lebih gampang," katanya dalam peresmian Factory Outlets Cikarang Trade Center di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (26/1).

Jerry menekankan pentingnya pemerintah daerah untuk mendukung pelaku UMKM. Pasalnya, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai lebih dari 60 persen lebih.

Dia juga mendorong kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, UMKM dan pihak swasta, untuk menciptakan terobosan baru maupun memperkuat program kerja sama yang sudah ada.

Jerry menegaskan Kementerian Perdagangan siap memberikan bantuan meliputi pelatihan, pendampingan. advokasi hingga business matching dengan calon investor.

"Kami punya 46 perwakilan dagang seluruh dunia yang bisa diberdayakan dan dimanfaatkan untuk membantu produk ekspor," imbuh Jerry.***

Editor: Senja Hanan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah