Kemenkeu Papua Barat Gelar Bazar Pengembangan UMKM di Manokwari

- 8 Desember 2023, 19:10 WIB
Seorang warga sedang melihat produk UMKM pada bazar yang diinisiasi oleh DJPb Kementerian Keuangan Papua Barat di Manokwari, Jumat. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)
Seorang warga sedang melihat produk UMKM pada bazar yang diinisiasi oleh DJPb Kementerian Keuangan Papua Barat di Manokwari, Jumat. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking) /

Mitra Jakarta – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua Barat menggelar bazar selama tiga hari (8-10 Desember 2023), guna mendukung pengembangan produk UMKM di Manokwari.

Kepala Bagian Umum DJPb Papua Barat Luxman Efendy, Jumat, mengatakan penyelenggaraan bazar ini merupakan perwujudan program pemberdayaan, membantu UMKM meningkatkan omzet penjualan, dan mendorong penggunaan fasilitas pembayaran digital.

"Kemenkeu berkomitmen mendukung inklusivitas keuangan UMKM dan UMKM naik kelas," ucap Luxman.

Dia menjelaskan ada 20 pelaku UMKM binaan yang turut berpartisipasi pada pelaksanaan bazar selama tiga hari, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi serta diskusi pengembangan produk UMKM.

Baca Juga: Kubu Raya Manfaatkan Dana Intensif Fiskal untuk Bantu UMKM

Upaya lain yang dilakukan Kemenkeu untuk meningkatkan kualitas UMKM adalah pendampingan ekspor oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta pendampingan NPWP dan pembukuan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

"Kemenkeu juga memberikan pendampingan UMKM memperoleh sertifikasi halal dan pemasaran melalui marketplace pemerintah," jelas Luxman.

Menurut Luxman, pembinaan secara rutin bermaksud untuk memudahkan UMKM mengakses bantuan permodalan dari pemerintah seperti kredit usaha rakyat (KUR) dan pembiayaan ultra mikro.

Kedua program tersebut diluncurkan pemerintah guna mempercepat pembangunan sektor riil dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM di Indonesia.

Halaman:

Editor: Yulianto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah