Tumpukan Sampah di Mangrove Berasal dari Wilayah Lain

- 12 Juli 2023, 13:40 WIB
Penampakan tumpukan sampah di kawasan Pantai Mangrove.
Penampakan tumpukan sampah di kawasan Pantai Mangrove. /(Foto: Instagram /@lensa_berita_jakarta)

MitraJakarta.id – Tumpukan sampah terlihat di Kawasan Pantai Mangrove, Jakarta Utara. Namun, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati memastikan sampah-sampah itu berasal dari wilayah lain.

"Timbunan sampah di kawasan Mangrove itu diperkirakan berasal dari wilayah lain yang terbawa arus," katanya, diberitakan Antara.

Pernyataan tersebut menanggapi beredarnya video di akun Instagram @lensa_berita_jakarta pada Senin (10/7), tentang tumpukan sampah di salah satu bibir Pantai Mangrove kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.

Baca Juga: 19 UMKM Ikut Serta dalam Festival yang Digelar Transjakarta

Suharini menjelaskan, kawasan Mangrove di Muara Angke, Jakarta Utara itu terbagi menjadi beberapa wilayah yang dikelola oleh pihak berbeda.

Sebagian dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), sementara sebagian lainnya dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Terkait sampah dari Pelabuhan Muara Angke dilakukan pengelolaan secara berkala oleh Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Muara Angke bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup," kata Suharini.

Oleh karena itu, menurut Suharini, sinergi pihak terkait sebagai pengelola di kawasan itu perlu dilakukan untuk percepatan penanganannya.

Bulan lalu, katanya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melakukan kegiatan bersih pantai dan laut di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait dan pelajar.

Halaman:

Editor: Senja Hanan

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah