Menparekraf Pastikan Papua Street Carnival Siap Bergulir

- 6 Juli 2023, 15:32 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung memantau persiapan acara akbar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung memantau persiapan acara akbar /Kemenparekraf/

MitraJakarta.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara langsung memantau persiapan acara akbar "Papua Street Carnival". Dia memastikan persiapan telah tuntas dan siap diselenggarakan di sekitar area Kantor Gubernur Jayapura, pada Jumat (7/7/2023) pagi.

"Alhamdulillah saya melihat bahwa semangat rekan-rekan PYCH (Papua Youth Creative Hub) dan para pendukung acara serta kelengkapan semuanya sudah final dan kita doakan besok cuacanya mendukung,” kata Sandiaga.

“Sehingga acara berjalan lancar dan bisa menghibur masyarakat Papua," tambahnya dikutip dari situs resmi Kemenparekraf.

Setibanya di area Kantor Gubernur Jayapura, Kamis (6/7/2023), Menparekraf Sandiaga langsung menuju lokasi pameran ekonomi kreatif yang diisi oleh lebih dari 3.000 pelaku UMKM dengan beragam produk ekonomi kreatif. Mulai dari kuliner, kriya, fesyen, hingga alat elektronik (handphone dan laptop).

Kemudian, Menparekraf Sandiaga menuju area utama acara Papua Street Carnival yang berada tepat di depan Kantor Gubernur untuk melihat run through parade busana karnaval yang terispirasi dari flora dan fauna otentik Papua yang dikreasikan dalam setiap jahitan dan detail busananya. Seperti burung cendrawasih merah, kepiting hitam Papua, kopi Wamena, tumbuhan palma, ikan pelangi Sentani, dan lainnya.

"Ini akan kita pertontonkan kepada dunia. Dan karena besok juga akan live streaming ini sangat dipantau oleh para penggemar event dunia karena kita akan sejajarkan Papua Street Carnival ini dengan Rio Carnival (di Brazil), di dalam negeri ada seperti Jember Fashion Carnival," katanya.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka dan menyaksikan langsung Papua Street Carnival 2023 bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga lain.

"Saya yakin talenta dari anak negeri tanah Papua ini memang sangat berkelas dan bisa kita poles untuk secara total mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Sehingga target pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di sektor parekraf di 2024 melalui acara Papua Street Carnival ini saya yakin bisa diwujudkan," kata Sandiaga.

Editor: Senja Hanan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah